BIBIT SEMUT KROTO (Solusi Budidaya Semut Rang-rang Penghasil Kroto)

Peluang Usaha Budidaya Semut Rang-rang Penghasil Kroto
Peluang usaha budidaya semut rang-rang penghasil kroto sangat cerah, bahkan cara budidaya semut rangrang juga terbilang mudah dan tidak seribet yang kita bayangkan. Kroto atau telur semut rangrang ( jawa : kranggang ) adalah salah satu makanan terbaik untuk burung kicau,namun semakin lama keberadaan kroto semakin sulit di cari, oleh sebab itulah harga kroto dipasaran semakin mahal saja. Ini tentu bisa menjadi prospek bisnis yang sangat bagus untuk di kembangkan jika kita bisa membudidayakan kroto semut rangrang sendiri.
Semut rang rang memiliki 4 elemen pemerintahan:

Ratu kroto: memiliki bentuk tubuh besar yang selalu di krubuni oleh koloni-koloni.
Semut jantan: memiliki bentuk lebih kecil dari ratu, warna kehitaman.
Semut pekerja: yang  tugasnya menjaga telur semut.
Semut prajurit: ini sangat banyak jumlahnya dikarenakan tugasnyaa juga banyak, melindungi keamanan koloninya.

Cara penangkaran,.
Kita bisa mencari semut rang rang yang ada di pohon sekitar rumah. caranya???
Kendala pertama kali dalam membudidayakan atau ternak semut rangrang adalah ketika harus memindahkan sarang kedalam suatu tempat. Resikonya pasti akan digigit. Banyak sekali dari sekian cerita yang mengalami masalah ini.

Cara Pertama:
Potong batang sarang semut rangrang (tentunya akan sedikit mengalami kesulitan).
Masukan kedalam karung / plastik / toples dan apa saja yang sekiranya ada celah / lubang udaranya.
Siapkan ember plastik besar yang tepi nya sudah di kasih tepung. Supaya semut rangrang tidak bisa naik keatas.

Masukan sarang kedalam ember plastik tersebut dengan catatan harus di buka / buang daun daun beserta jaring jaringnya agar ketika bersarang membuat sarang baru tidak membawa jaring yang lama. Pengalaman kalau tidak di bersihkan nantinya toples akan terlihat kotor.
Buat jembatan penghubung antara ember dengan toples dengan menggunakan sapu lidi atau penghubung yang lain (pastinya ada jembatanya) terserah mau pakai apa saja bisa. Setelah itu tingggal saja, tidak sampai satu hari semut rangrang akan bersarang secara alami. 

Salah satu media untuk budidaya semut rangrang penghasil kroto adalah toples. Toples yang biasa digunakan adalah toples plastik transparan yang ada di pasaran. Toples bekas sosis atau sonice menjadi pilihan utama sebagai media budidaya ini, karena harganya yang terjangkau dan mudah dicari.

Cara Pemeliharaan: 

Memberikan makan dan minum.
·Makanan yang di berikan untuk semut, sangat sederhana sekali hanya dengan meberikan pakan ulat hongkong atau ulat yang biasa di jual di kios pakan burung. Hanya dengan membeli 3rb-5 rb saja sudah dapat. Untuk memberikan makan pada semut, sediakan tempat pakan  yang agak lebar, seperti nampan plastik yang di anggap cukup dan bisa di gunakan.  Bisa juga diberikan makanan alternatif seperti jangkrik, belalang dll.
·Untuk minuman yang di berikan pada semut yaitu berikan air yang sudah di larutkan dengan gula pasir yang biasa kita konsumsi, lebih baik lagi taburkan gula di sekeliling  toples agar semut dapat tambahan makanan dari gula2 yang kita taburkan. untuk menambah nutrisi bisa kita berikan VITERNA+HORMONIK
                    
Hal-hal tang perlu di hindari dalam beternak semut rang-rang penghasil kroto.
·Hindarkan kontak secara langsung dengan sinar matahari secara Terus-menerus, Dalam hal seperti ini butuh atap apabila di luar ruangan. Usahakan tempat yang teduh, Bersih dan media tidak bersentuhan langsung dengan perabotan, dan yang lain nya seperti dinding rumah.
·Jauhkan dari jangkauan Anak-anak.Jauhkan dari obat-obatan pertanian misal pupuk kimia seperti orea,ts,kcl, atau pun obat nyamuk atau obat serangga dll.
·Dalam ruangan tidak perlu di berikan lampu  untuk peneranga


 Bibit Semut Rang-rang Penghasil Kroto yang Siap Tangkar






Sperma Ratu yang Siap Menjadi Telur/Kroto





Indukan atau Ratu Semut
Indukan semut atau ratu memang sangatlah penting dalam budidaya kroto. Peran daripada ratu sendiri ialah bertelur, ada anggapan bahwa berternak semut tanpa dengan ratu bisa, itu sebenarnya hanya omong kosong saja, karena apa? yang namanya semut koloni hanya beberapa waktu saja bisa bertelur karena tidak lain hasil telur daripada semut koloni adalah hasil penyimpanan hormon RATU yang sifatnya hanya sementara. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di 0813 2625 1779





Packing Order




Pemesanan Bibit Semut Rang-Rang Penghasil Kroto 
Hubungi segera Petani Semut Kulon Progo
Jl. Waduk Sermo KM 2, Wates, Kulonprogo, Yogjakarta

HP. 0813-2625-1779
BB. 7FCD72E3

VIDIO SEPUTAR PERTANIAN
1. Cara Membuahkan Klengkeng Pingpong
2. Cara Meningkatkan Panen Padi
3. Cara Memperbanyak Buah Kakao